Tes Wartegg

Tes Wartegg

Tes ini bertujuan untuk melihat pola reaksi kepribadian yang permanen dari segi intensitas, fleksibilitas, rigiditas, kecermatan dan berbagai sikap serta perilaku yag relatif permanen (Keanget, 2005).

Dalam tes ini, Anda diberikan delapan kotak berisi gambar yang belum selesai. Anda diminta untuk meneruskan gambar-gambar yang sudah dibuat oleh orang sebelumnya. Boleh dimulai dari kotak mana saja sesuia keinginan. Setelah itu, Anda diminta untuk memberikan keterangan masing-masing gambar yang anda telah buat, memberi nomor urut gambar mana yang lebih dulu diselesaikan, serta memilih gambar mana yang tersulit, termudah, paling disukai, dan paling tidak disukai. Kadang disertai dengan alasan.

 

Beberapa Tips dalam menjalankan tes wartegg:

 1. Jaga kertas dalam keadaan bersih
2. Mulai dari gambar yang paling mudah diselesaikan oleh Anda. 
3. Penomoran gambar tidak terlalu urut (1,2,3,4,5,6,7,8), atau tidak begitu acak. Jika perintah terlalu urut, Anda berarti orang yang kaku, jika terlalu acak berarti Anda tidak dapat mengikuti aturan. 
5. Untuk nomor baris (3,4,5,6) gambarlah benda mati dan bersifat maskulin. 
6. Untuk nomor 1,2, 7,8 gambarlah makhluk hidup dan bentuk-bentuk menunjukkan sifat feminin. 
7. Berikan nama untuk masing-masing gambar di bagian kertas yang kosong. 
 
 

Berikut Ini Adalah Penjelasan Masing-Masing Kotak :

 
1. Gambar 1

Gambar 1 yaitu gambar pada kotak atas paling kiri yang berupa gambar titik (.) dan terletak di tengah-tengah kotak. Gambar yang terletak di pusat ini berkaitan dengan karakter sesorang dalam melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan baru yang berbeda.

2. Gambar 2

Gambar pada kotak kedua berupa coretan garis yang berliku seperti gelombang dimana garis ini menunjukkan fleksibilitas dari perasaan sesorang. Gambar menyerupai gelombang ini mengisyaratkan suatu kehidupan yang bebas namun tetap dinamis.

3. Gambar 3

Gambar pada kotak ketiga merupakan gambar 3 garis vertikal yang lurus dan sejajar dengan pola tinggi menyerupai tangga yang semakin meninggi. Gambar ini memiliki makna yang kaku namun teratur yang menunjukkan seberapa besar ambisi sesorang dalam meraih cita-cita dan kesuksesan.

4. Gambar 4

Gambar pada kotak keempat yaitu gambar persegi yang diblok warna hitam terletak di bagian atas sebelah kanan. Gambar ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pikir atau cara Anda dalam memecahkan masalah.

5. Gambar 5

Gambar 5 yaitu pada kotak bawah paling kiri yang berupa dua garis diagonal menyerupai huruf T yang miring namun terpisah yang digunakan untuk menguji bagaimana cara Anda dalam bertindak.

6. Gambar 6

Gambar pada kotak 6 yaitu gambar garis vertikal dan hirizontal yang terpisah. Gambar ini bertujuan untuk melakukan tes pada cara berfikir dan analisis seseorang.

7. Gambar 7

Gambar pada kotak ketujuh yaitu kumpulan titik (.) yang membentuk garis lengkung. Gambar ini berkaitan dengan kehidupan dan perasaan seseorang apakah memiliki sifat yang stabil stabil dan dewasa atau kekanakan.

8. Gambar 8

Gambar pada kotak terakhir ini berupa garis lengkung menyerupai payung yang berfungsi untuk menguji bagaimana sifat sesorang dalam kehidupan sosialnya.

 
 
 
 

Konsultan Psikologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *