Tes Psikologi Army Alpha

Tes Psikologi Army Alpha

Tes Psikologi Army Alpha adalah sebuah tes psikologi yang dikembangkan oleh seorang psikolog Amerika bernama Arthur Sinton Otis, Ph.D (28 July 1886 – 1 January 1964). Otis mengembangkan tes Army Alpha pada tahun 1917. Pada awalnya tes ini dikembangkan oleh Otis untuk didedikasikan kepada US. Army (Angkatan Militer Amerika), sehingga diberi nama Army Alpha. Tes ini pernah dipakai untuk merekrut 1,7 juta tentara Amerika pada Perang Dunia I.

Tes Army Alpha bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan, ketelitian dan konsentrasi seseorang. Bentuk tes Army Alpha adalah pilihan berganda (multiple choice), dan dapat dilakukan kepada banyak peserta sekaligus. Tidak harus satu penguji satu peserta. Untuk dunia kerja, tes ini terkadang dipakai oleh perusahaan yang ingin menguji banyak peserta sekaligus secara praktis dan cepat.

Tes Psikologi Army Alpha ini adalah tes yang tidak meminta anda untuk menggambar, namun meminta anda menjawab sejumlah pertanyaan, sehingga tergolong “Tes Psikologi Kuesioner”. Adapun, yang termasuk dalam kategori Tes Psikologi kuesioner adalah Tes Army Alpha, Tes Efektifitas Diri, Tes Enneagram, Tes EPPS, Tes MBTI, Tes Ketelitian, Tes Psikologi Kode dan Ingatan , Tes TPA (Kuantitatif, Logika, Verbal & Spasial), Tes MAPP, Tes Motivasi Kepemimpinan, Tes Motivasi, Tes Koran Pauli, Tes Skala Kematangan (TSK), Tes Kerjasama dan Tes Potensi Sukses.

 

Contoh soal Tes Army Alpha

Perintah nomor 1:

Lihatlah lingkaran-lingkaran pada soal Nomor 1. Buatlah sebuah silang dalam lingkaran ke dua dan sebuah huruf dalam lingkaran ke lima.

Perintah nomor 2:

Lingkaran- lingkaran itu bernomor, dengarkan baik-baik. Tariklah sebuah garis dari lingkaran ke tiga ke lingkaran ke enam. Garis itu lewat di bawah lingkaran ke empat dan diatas lingkaran ke 5.

Perintah nomor 3:

Lihatlah soal No.3 dan perhatikanlah baik-baik : Jika betul bahwa pesawat udara lebih cepat dari mobil, buatlah koma dalam lingkaran pertama. Jika tidak, coretlah perkataan “tidak”.

Perintah nomor 4:

Lihatlah No. 4 dan dengarkan baik-baik. Tulislah dalam lingkaran ke tiga jawaban yang betul dari pertanyaan : “ Berapa harikah 1 minggu itu?” Dalam lingkaran ke empat tidak dibuat suatu apapun, tetapi tulislah dalam lingkaran ke lima jawaban yang salah dari pertanyaan tadi.

Perintah nomor 5:

Lihatlah segitiga dan lingkaran pada No. 5 Dengarkan baik-baik. Buatlah sebuah silang pada bidang yang terletak dalam lingkaran, tetapi tidak dalam segitiga. Dan tulislah huruf “ A “ pada bidang yang terletak dalam lingkaran dan juga dalam segitiga.

Perintah nomor 6:

Lihatlah No. 6 Dengarkan : Tulislah huruf “ X “ pada bidang yang terletak dalam segitiga tetapi tidak dalam bujur sanglar, dan tulislah huruf “ Y “ pada bidang yang terletak dalam bujur sangkar dan segi tiga tetapi tidak dalam lingkaran.

Perintah nomor 7:

Lihatlah No. 7 Dengarkan baik-baik. Buatlah sebuah garis dibawah huruf yang tepat mendahului huruf E, dan buatlah pula sebuah garis yang melintang huruf kedua yang mendahului “ M “.

Perintah nomor 8:

Lihatlah No. 8 Perhatikanlah ketiga lingkaran dan ketiga perkataan-perkataan itu. Tulislah dalam lingkaran pertama, huruf kedua dari perkataan pertama, Dalam lingkaran kedua, huruf ketiga dari perkataan kedua, dan dalam lingkaran ketiga, huruf penghabisan dari perkataan ketiga.

Perintah nomor 9:

Lihatlah No. 9 dengarkan baik-baik. Coretlah tiap-tiap bilangan yang lebih besar dari 30 tetapi kurang dari 40.

Perintah nomor 10:

Lihatlah No.10 Perhatikan bahwa gambar itu terbagi atas 5 bagian. Tulislah angka 8 atau 6 dalam 2 bagian yang kecil dan angka antara 1 sampai 5 dalam bagian hampir paling besar.

Perintah nomor 11:

Lihatlah No.11 dengarkan baik-baik. Coret tiap-tiap angka ganjil yang tidak berhuruf dan tidak terletak dalam segitiga, dan coretlah pula tiap angka genap yang berhuruf dalam lingkaran.

Perintah nomor 12:

Sekarang nomor terakhir, Lihatlah No.12 Perhatikan baik-baik : Apabila 5 lebih besar dari 3, coretlah angka 4, kecuali kalau 4 lebih besar dari pada 6, dalam hal ini buatlah sebuah garis dibawah angka 5.

Tips mengerjakan tes Army Alpha?

Untuk bisa mengerjakan tes psikotes Army Alpha, kuncinya cuma fokus, konsesntrasi penuh, dan tetap tenang (jangan panik atau khawatir). Jaga juga kesehatan tubuh.

 

 

Konsultan Psikologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *