Pengertian Investasi

PENGERTIAN INVESTASI

Menurut Downes Dan Goudman dalam buku Study Kelayakan Proyek karangan Suratman (2001, P6 ) berpendapat tentang pengertian investasi sebagai berikut: “.. Investment can refer to finacial investment ( where an investor puts money into a vehicle ) or to an investment of effort and time on the part of individual who wants to reap profits from the success of his lobor .. “

Menurut H.M. Yacob Ibrahim dalam buku Studi Kelayakan Bisnis (2003, p133) menyatakan bahwa biaya investasi adalah biaya yang diperlukan dalam pembangunan proyek, terdiri dari pengadaan tanah, gedung, mesin, peralatan, biaya pemasngan, biaya feasibility study dan biaya lainnya yang berhubungan dengan pembangunan proyek.

Pengertian investasi menurut Kasmir dan Jakfar (2003, p7), adalah mengorbankan uang sekarang untuk uang dimasa mendatang. Pengrorbanan sekarang mengandung suatu kepastian bahwa uang yang digunakan untuk investasi sudah pasti dikeluarkan. Sedangkan hasil dimasa mendatang bersifat tidak pasti, tergantung kondisi dimasa akan datang. Investasi dapat dilakukan dalam berbagai bidang usaha, oleh karena itu, investasi dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

1. Investasi nyata

Merupakan investasi yang dibuat dalam harta tetap seperti tanah, bangunan, peralatan atau mesin-mesin.

2. Investasi financial

Merupakan investasi dalam bentuk kontrak kerja, pembelian saham atau obligasi atau surat berharga lainnya seperti sertifikat deposito.

Berdasarkan pendapat Abdul Halim (2003, p5), investasi merupakan suatu penempatan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Umumnya investasi dibagi menjadi 2, yaitu :

  • Investasi pada financial assete ( dilakukan di pasar uang dan pasar modal ).
  • Investasi real assets ( diwujudkan dalam bentuk pembelian asset produktif ).

Berdasarkan pendapat Abdul Halim ( 2003, p6 ), usulan investasi biasanya dikelompokan ke dalam 4 golongan, yaitu :

  • Investasi penggantian adalah suatu aktifa yang telah aus atau usang diganti dengan aktifa baru, misalnya investasi pada pembelian mesin-mesin baru untuk menggantikan mesin lama dengan tujuan menghemat biaya agar dapat meningkatkan laba.
  • Investasi penambahan kapasitas adalah usulan penambahan jumlah mesin atau pembukaan pabrik baru.
  • Investasi penambahan jumlah produk baru adalah investasi untuk menghasilkan produk baru disamping tetap menghasilkan produk yang telah diproduksi sebelumnya.
  • Investasi lain-lain, misalnya pemasangan alat penerangan ruangan.

Dari beberapa pengertian investasi diatas dapat disimpulkan bahwa investasi adalah pengeluaran yang dikeluarkan pada saat ini untuk membiayai sebuah rencana usaha dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di masa yang akan datang.

 

Ciri-ciri Investasi

Ciri-ciri investasi berdasarkan pendapat Siswanto Sutojo (2000, p2) adalah:

  • Investasi tersebut menyerap dan mengikat dana dalam jumlah besar.
  • Manfaat yang akan diperoleh perusahaan (misalnya keuntungan), baru dapat dinikmati sepenuhnya beberapa masa setelah investasi dilakukan.
  • Tingkat resiko yang ditanggung perusahaan lebih tinggi.
  • Keputusan invesatasi proyek yang keliru, tidak dapat direvisi begitu saja, seperti halnya keputusan memberikan kredit penjualan kepada pelanggan baru secara tidak tepat, tanpa harus menderita kerugian yang cukup besar.

 

Manfaat Investasi

Manfaat investasi adalah untuk meningkatkan jumlah perdagangan ekspor, menciptakan lapangan kerja baru, dan penghematan pengeluaran devisa (Siswanto Sutojo 2000, p3). Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan investasi. Di antaranya adalah penyerapan tenaga kerja, peningkatan output yang dihasilkan, penghematan devisa maupun penambahan devisa, dan lain sebaginya. Yang jelas apabila kegiatan investasi meningkat, maka kegiatan ekonomi pun ikut terpacu pula. Tentu saja apabila kegiatan investasi ini merupakan investasi yang sehat, arti sebenarnya secara ekonomis menguntungkan. Bukan kegiatan investasi yang nampaknya ”menguntungkan”, tetapi sebenarnya mendapatkan fasilitas, sehingga tidak sehat bagi perekonomian negara tersebut.

 

 

Konsultan Psikologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *