MOTIVASI

TIPS DAN TRIK MEMOTIVASI KARYAWAN

Sebagai seorang manajer atau atasan, Anda harus bisa mengatur bawahan supaya motivasi bekerja mereka tidak pernah hilang. Apalagi jika Anda tahu karyawan di bawah Anda tersebut memiliki kemampuan bekerja yang baik.

Berikut ini adalah beberapa cara memberikan motivasi kepada bawahan Anda untuk meningkatkan produktivitas:

Bantu menciptakan jalur karir
Para karyawan biasanya memiliki rencana karir, jadi cobalah bantu mereka untuk menciptakan jalur karir tersebut. Tanyakan apa rencana karir mereka, lalu beri masukan tentang bagaimana cara mereka mencapainya. Ketika seorang pekerja melihat ada peluang untuk berkembang, mereka akan lebih termotivasi untuk mencapainya.

Kualitas bukan kuantitas
Jika mereka sudah pernah sukses menyelesaikan satu pekerjaan dengan baik, maka jangan berikan pekerjaan yang sama lagi. Cobalah beri mereka jenis pekerjaan yang berbeda sehingga mereka bisa meningkatkan kualitas, bukan sekadar memberi banyak tugas namun tidak lagi memiliki tantangan.

Katakan langsung
Apabila Anda ingin karyawan untuk lebih termotivasi, maka katakan secara langsung kepada mereka apa yang Anda harapkan agar mereka bisa meraih promosi. Ketika mereka melihat adanya peluang untuk mendapatkan promosi, motivasi itu pun akan muncul dengan sendirinya.

Biarkan mereka mandiri
Saat bawahan Anda minta mengerjakan proyek, biarkan mereka melakukannya dengan mandiri. Berikan brief singkat, lalu bebaskan mereka untuk mengerjakannya. Rasa tanggung jawab semacam ini akan membuat diri mereka merasa dihargai dan dianggap mampu bekerja.

Beri kebebasan
Dalam hal kreativitas, Anda harus bisa memberikan kebebasan pada karyawan. Jangan mengkotak-kotakkan mereka terlebih dulu, namun dengarkan ide-ide mereka. Cara seperti ini akan membuat mereka lebih semangat dan termotivasi untuk berpikir di luar kebiasaan

‘Dorong’ karyawan Anda setiap hari
Tentukan target harian untuk mereka. Jika mereka telah mencapai target yang Anda tentukan, berilah mereka sedikit pujian, dengan demikian mereka akan merasa lebih Anda hargai dan makin bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas mereka.

Pastikan karyawan Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup
Pekerjaan yang menumpuk dapat membuat karyawan Anda merasa kelelahan, sehingga daya produktivitas mereka pun menurun. Beberapa menit memberikan mereka waktu untuk istirahat atau sekedar merenggangkan otot bisa membuat mereka kembali fit.

Ajak diskusi karyawan Anda dan berikan umpan balik yang positif atas kinerja yang telah karyawan Anda capai

Tanyakan juga kepada mereka bagaimana cara mereka berpikir untuk kemajuan tugas-tugas mereka. Dengan demikian mereka akan merasa menjadi bagian penting dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Berikan suasana kerja yang menyenangkan
Berikan suasana kerja yang menyenangkan dan nyaman, misalnya dengan penataan ruangan. Secara tidak langsung suasana ruangan yang menyenangkan dan nyaman dapat membuat karyawan Anda merasa betah dan tidak capat bosan. Dan hal itu akan meningkatkan daya produktifitas mereka.

Buat kegiatan menyenangkan
Ada beberapa kegiatan menyenangkan untuk membangun ikatan yang kuat antar karyawan. Perjalanan rekreasi seperti liburan dapat menjadi cara yang bagus untuk memperkuat ikatan diantara karyawan.

Jangan Pelit
Dalam mengelola karyawan, janganlah pelit untuk memberikan bonus,terutama kepada karyawan yang terlah berprestasi atau yang telah bekerja mencapai target, karena itu akan memotivasi mereka untuk bekerja lebih giat lagi.

Demikian cara-cara memotivasi karyawan yang Anda kelola supaya tidak cepat bosan atau jenuh dalam membantu Anda menjalankan roda bisnis. Ingat selalu, tanpa karyawan perusahaan Anda tidak akan berhasil mencapai target yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *