Tes 16 PF Menurut Para Ahli

1. Pengertian Tes 16 PF

Tes kepribadian 16 PF merupakan karya adaptasi dari “Sixteen Personality Factor Questionaire (16 PF)” yang diciptakan oleh Raymond B. Cattel. Tes ini diterbitkan oleh Institut for Personality and Ability (IPAT) pada tahun 1972. Tes kepribadian 16 PF terdiri dari beberapa bentuk, yaitu: bentuk A, B, C, D, E, dan F. Bentuk A, B, C, dan D dapat menggunakan buku manual singkat. Bentuk E dan F adalah untuk individu-individu yang mengalami kesukaran atau hambatan di dalam pendidikan dan membaca.

Industrial Society di Inggris dalam panduan asesmen dan seleksi mereka, menilai 16 PF sebagai salah satu yang paling relevan diantara banyak kuesioner kepribadian yang telah berhasil dikembangkan untuk digunakan pada populasi-populasi normal, dan yang telah menunjukkan kuantitas dalam seleksi personal. Sebagai sebuah model tipe-tipe kepribadian, 16 PF dengan cepat diterima dengan baik didalam area psikometrika, dan merupakan salah satu tes standar yang paling terkenal. Dirancang oleh Cattell, 16 PF didasarkan oleh ide Cattel bahwa kepribadian individu terdiri dari 16 faktor kepribadian yang berbeda. Sebuah kesimpulan yang juga didasarkan pada aplikasi faktor analisis terhadap pernyataan-pernyataan tentang kepribadian individu. Tes ini masih secara luas digunakan, dan juga tersedia dalam bahasa Perancis, Jerman, Spanyol, Kroasia, Turki, dan Jepang.

Pengertian Tes 16 PF, Kegunaan, dan Metode Menurut Para Ahli_

16 PF mencakup sebuah daftar dengan lebih dari seratus pernyataan, dan memilih di antara dua pernyataan tertentu, dengan opsi memilih suatu jawaban tengah. Jadi, terdapat tiga opsi untuk masing-masing pernyataan, dan sasaran pengujian diminta untuk memilih jawaban “di antaranya” (in between), atau mungkin hanya jarang. Opsi ini mungkin dipandang oleh sasaran pengujian sebagai netral dan sebuah cara menghindari pengambilan keputusan-keputusan sulit. Kebanyakan digunakan di dalam prosedur-prosedur seleksi, pada manajemen tengah dan senior, namun dapat digunakan pada level lainnya. Tersedia laporan yang luas, yang mencakup laporan kompetensi, laporan praktisi, laporan profil, dan laporan pengembangan karir, yang memberikan pembahasan mendalam tentang sasaran pengujian.

Kategori Tes 16 PF

  1. 16 PF Form untuk usia 16 tahun ke atas
  2. HSPQ (High School Personality Questionnaire) untuk usia 12 s/d 16 th
  3. CPQ (Childrens Personality Questionnaire) untuk usia 8 s/d 12 th
  4. ESPQ (Early School Personality Questionnaire) untuk usia 6 s/d 8 th
  5. CAQ (Clinical Analisis Questionaire) untuk kasus klinis

2. Kegunaan Tes 16 PF

16PF dapat digunakan diantara aplikasi lainnya, untuk mengidentifikasi kepribadian-kepribadian yang cocok dengan profil-profil yang spesifik pada aplikasi-aplikasi okupasional. Sebagai contoh, dimungkinkan untuk mengidentifikasi profil penjualan (sales), profil manajer, profil peneliti, dan sejumlah profil lain yang dapat dicocokkan dengan individu-individu. Bisa jadi ada beberapa kontradiksi inheren di dalam 16 PF, dan mungkin perlu penjelasan pengujian lanjutan yang luas untuk mengetahui apa yang menggerakkan orang-orang, untuk menjelaskan tipe kepribadian yang tampaknya paling cocok dengan mereka. Selama bertahun-tahun, tes ini telah secara luas dibandingkan dengan kelompok-kelompok norma. Walaupun 16 PF hanya mengukur kepribadian normal (bukan psikopatologi), tes tersebut juga sering digunakan dalam bidang konseling dan klinis karena kemampuannya dalam memberikan gambaran utuh dan mendalam pada seseorang, termasuk kelebihan dan kelemahannya. Selain hal tersebut, 16 PF dan memasilitasi dialog antara psikolog dan klien, hal ini karena 16 PF merepresentasikan aspek umum dalam keseharian sehingga dapat dibagikan dengan klien, selanjutnya memudahkan untuk berdiskusi, meningkatkan kesadaran diri, dan membuat klien merasa aman dan nyaman sebagai partner dalam proses asesmen dan terapi. Tes 16 PF dapat mengetahui keadaan klien seperti cara berpikir, self-esteem, keterbukaan, toleransi, coping stress, dan empati. Semua itu dapat digunakan dalam mengembangkan kerja sama dengan klien, memilih metode terapi yang sesuai dan merencanakan proses terapi yag efektif. Selain itu, 16 PF telah digunakan pula dalam berbagai bidang, dari industri seperti rekrutmen, promosi dan training, hingga penelitian tentang sosial, proses penuaan dan militer.Tes ini memerlukan penyelesaian sekitar setengah jam, karena pada dasarnya ada lebih banyak opsi untuk dipilih, dengan tiga kemungkinan jawaban: ya (yes), diantaranya (in between), dan tidak (no); benar (true), diantaranya (in between), salah (false); dan ya (yes), kadang-kadang (sometimes), tidak (no). Pertanyaan-pertanyaan tes ini mudah dan langsung, serta relatif mudah untuk memilih “diantaranya”. Meskipun demikian, jika sasaran pengujian akrab dengan ide pengerjaan tes yang hanya memiliki dua opsi, mudah baginya untuk melupakan ketersediaan opsi ketiga “di antaranya”. Terbuka utnuk diperdebatkan apakah, ya atau tidak, pendahuluan yang diberikan pada awal tes ini tentang memilih opsi “di antaranya” tidak lebih dari empat atau lima kali merupakan suatu ide yang baik. Hal ini mungkin mengarah pada keseragaman skor, karena orang-orang yang mengerjakan tes berusaha mengikuti (atau mengabaikan) aturan-aturan. Mengikuti ataupun mengabaikan, pendahuluan seperti itu dapat menggangu/membingungkan orang yang mengerjakan tes.

Waktu untuk menskor tes ini sekitar 10-15 menit pada lembar penskoran diri (self-scoring). Waktu yang diperlukan untuk umpan balik sering kali sekitar 20-30 menit, namun mungkin bervariasi bergantung pada tujuan-tujuan umpan balik dan praktik psikolog terkait. Waktu yang diperlukan juga bergantung pada apakah 16PF telah digunakan bersama-sama dengan tes-tes lain, yang sering kali demikian kasusnya. Akankah tes ini menunjukkan hasil yang berbeda setelah periode waktu tertentu? Mungkin, namun tidak sering, karena tipe kepribadian dasar yang diungkap dengan 16PF tidak akan berubah secara radikal dari waktu ke waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *