Persamaan dan Perbedaan TKD, PTP, Adkudag

Persamaan dan Perbedaan TKD, PTP, Adkudag

Dalam dunia pendidikan dan pekerjaan, seringkali dibutuhkan tes bakat untuk mengetahui kemampuan khusus seseorang. Dari sekian banyak tes kemampuan khusus yang ada, TKD (Tes Kemampuan Diferensial), Adkudag (Tes Administrasi, Keuangan dan Dagang) dan PTP (Tes Pemeriksaan Teknik Pasti) masih banyak digunakan.

Persamaan dari TKD, PTP dan Adkudag adalah :

  1. Dapat dilakukan baik secara klasikal maupun individual dan berdasarkan ketersediaan normanya memungkinkan untuk diberikan pada klien remaja hingga dewasa.
  2. Sebelum tes diadministrasikan, tester perlu mempersiapkan alat tes yang akan digunakan baik lembar soal maupun lembar jawab. Persiapkanlah sesuai jumlah testee. Menghitung pada saat membagi lembar jawab dan soal akan memcegah terjadinya kebocoran tes. Setelah testee mendapat lembar jawab dan soal, tester akan meminta testee untuk mengisi identitas diri, lalu menjelaskan cara mengisi tes.
  3. Melakukan skoring diawali denganĀ  mencocokan jawaban dengan kunci (benar diberi 1, salah diberi skor 0), menghitung total skor mentah, melihat norma sesuai subyek, mengkonversikan skor mentah ke skor baku, menuliskan kriteria skor baku, menuliskan sumber norma, serta memasukkan hasil skor (skor baku dan kriterianya) kedalam psikogram.
  4. Pada saat administrasi tes melakukan observasi. Pada saat tes dilakukan secara klasikal, perlu melihat perilaku menonjol dari testee-testee yang berada dalam satu ruangan dan mendapat perhatian lebih dan perlu dicatat. Hal ini perlu dilakukan karena tidak mungkin observer mengobservasi dan mencatat perilaku seluruh klien apabila ada 50 testee yang mengikuti tes.
  5. Pada saat melakukan administrasi tes yang perlu diperhatikan adalah pengumpulan data, agar jangan sampai ada lembar jawaban dan soal yang terbawa klien, karena hal ini sangat rahasia, sehingga tester harus sangat jeli dan teliti saat menghitung, membagi, dan mengumpulkan lembar soal dan lembar jawab.

Perbedaan dari TKD, PTP dan Adkudag adalah

  1. Masing-masing tes mempunyai tujuan yang berbeda. TKD bertujuan untuk mengetahui bakat akademik klien, PTP bertujuan untuk mengetahui bakat keteknikan klien, Adkudag bertujuan untuk mengetahui bakat dalam biadang administrasi
  2. TKD memiliki 10 subtes, PTP memiliki 9 subtes dan Adkudag memiliki 5 subtes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *