motivasi kerja

Pengertian Motivasi Kerja

Pengertian Motivasi Kerja

Motivasi merupakan suatu kondisi yang menggerakkan karyawan ke arah suatu tujuan tertentu (Stanford dalam Mangkunegara, 2001). Selain itu, Munandar (2001) menyatakan bahwa motivasi adalah proses di mana kebutuhan-kebutuhan mendorong karyawan untuk melakukan serangkaian kegiatan yang mengarah ke tercapainya tujuan tertentu.
Koontz (dalam Hasibuan, 2003) mengemukakan bahwa motivasi mengacu pada dorongan-dorongan dan usaha untuk memuaskan kebutuhan atau suatu tujuan tertentu. Selanjutnya, menurut Robbins (2001) motivasi merupakan kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan-tujuan organisasi yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu untuk memenuhi sesuatu kebutuhan individual.Sementara motivasi umum bersangkutan dengan upaya kearah setiap tujuan. Robbins (2001) menyempitkan arah setiap tujuan menjadi tujuan organisasi agar mencerminkan minat tunggal karyawan. Ada tiga unsur kunci dalam definisi tersebut yaitu upaya, tujuan organisasi dan kebutuhan. Unsur upaya bila karyawan termotivasi maka ia akan mencoba sekuat tenaga. Upaya yang tinggi akan menghantar ke hasil pekerjaan yang menguntungkan bila disalurkan ke suatu arah yang bermanfaat bagi organisasi.
Kerja merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia. Karyawan bekerja karena ada sesuatu yang hendak dicapainya. Apabila karyawan mendambakan sesuatu berarti karyawan tersebut memiliki harapan dan dengan demikian akan termotivasi untuk melakukan tindakan kearah pencapaian harapan tersebut. Jelah bahwa karyawan dalam melakukan pekerjaannya membutuhkan motivasi sehingga tujuan dari bekerja dapat terpenuhi.
Dalam hubungannya dengan lingkungan kerja, McCormick (dalam Mangkunegara, 2001) mendefinisikan motivasi kerja sebagai kondisi yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja. Selain itu, Martoyo (2000) juga mengemukakan bahwa secara umum motivasi kerja diarahkan sebagai sesuatu yang dapat menimbulkan semangat atau dorongan kerja. Motivasi kerja timbul dari adanya rasa kebutuhan diri serta dorongan keinginan karyawan yang diarahkan pada tujuan untuk memperoleh kepuasan. Dengan adanya kebutuhan yang harus dipenuhi tersebut maka akan timbul dorongan atau motivasi untuk melakukan suatu pekerjaan.
Anoraga (2005) mengartikan motivasi kerja sebagai sesuatu yang menimbulkan dorongan semangat atau dorongan kerja. Oleh sebab itu, motivasi kerja dalam psikologi karya biasa disebut pendorong semangat kerja.

Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja adalah dorongan yang ada dalam diri karyawan sebagai tenaga yang menimbulkan, mengarahkan dan menentukan tingkat usaha dalam mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan yang dikehendaki yang dapat dilihat dari tampilan kerjanya hingga tercapai kepuasan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *