analisis pekerjaan / Job Analysis

Pengertian Job Analysis

Pengertian Job Analysis (Analisis Pekerjaan)

Menurut Veithzal Rivai (2003:109), bahwa pada intinya analisis pekerjaan adalah menempatkan orang yang tepat pada suatu pekerjaan tertentu, sesuai dengan kemampuan, keahlian, dan pengalaman dalam melakukan suatu pekerjaan.

A.S. Munandar (2001:50) yanng mengatakan bahwa Analisis jabatan merupakan suatu proses kajian sistematis tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam suatu jabatan, mencakup tugas-tugas dan tanggung jawab untuk dapat menentukan pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan ciri-ciri kepribadian lain yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan baik.

Hadari Nawawi (2005:104) merumuskan bahwa analisis pekerjaan/ jabatan adalah proses menghimpun berbagai informasi yang berhubungan dengan pekerjaan secara operasional dan tanggung jawabnya. Dengan kata lain, analisis jabatan pada dasarnya bermaksud untuk menjawab pertanyaan apa yang harus dikerjakan, bagaimana mengerjakannya, dan mengapa harus dikerjakan seperti itu (Hadari Nawawi, 2004:105).

Analisa jabatan merupakan prosedur untuk menentukan tugas dan tuntutan keterampilan dari suatu jabatan dan orang macam apa yang akan dipekerjakan di jabatan tersebut (Gary Dessler, 1997 : 90).

Sahlan Asnawi (1999: 50) berpendapat bahwa secara harafiah, analisa jabatan terdiri dari kata ”analisis” dan ”jabatan”. Dalam konteks bahasan ini, pengertian analisa adalah penguraian secara rinci mengenai segala hal mengenai jabatan, sedangkan pengertian jabatan dalam suatu posisi mengandung beban tugas untuk dilaksanakan dan diselesaikan dalam rangka mencapai tujuan. Dengan demikian analisa jabatan adalah suatu kegiatan mengurangi dan menganalisis suatu tugas dari berbagai segi menurut kepentingan yang diinginkan.

Moh. As’ad (2004: 10) berpendapat bahwa analisa jabatan ialah suatu proses untuk mendapatkan keterangan mengenai suatu jenis pekerjaan melalui metode observasi dan interview.

Dessler (2006: 70) menyatakan bahwa analisa jabatan merupakan prosedur yang dilalui untuk menentukan tanggung jawab posisi-posisi tersebut dan karaktersitik orang yang bekerja untuk posisi tersebut. Analisa jabatan merupakan prosedur untuk menentukan tanggung jawab dan persyaratan keterampilan dari sebuah pekerjaan dan jenis orang yang harus dipekerjakan untuk pekerjaan tersebut.

Dari beberapa definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa analisis jabatan merupakan suatu proses pengumpulan, pencatatan informasi secara sistematik mengenai segala tugas, wewenang, tanggung jawab serta kualifikasi (keahlian, pengetahuan, keterampilan, kemampuan, serta sifat-sifat individu lainnya) yang diperlukan dalam suatu jabatan.

2 thoughts on “Pengertian Job Analysis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *