Pelatihan Supervisor Rekrutmen dan Seleksi Sertifikasi BNSP

Pelatihan Supervisor Rekrutmen dan Seleksi Sertifikasi BNSP

Pelatihan Supervisor Rekrutmen dan Seleksi Sertifikasi BNSP

Kalau mau jadi supervisor rekrutmen dan seleksi sertifikasi BNSP, perlu tahu banyak hal seputar manfaat, syarat, hingga bagaimana cara dapat sertifikat tersebut. Supaya saat sudah punya, bisa digunakan dengan baik dan jadi jaminan kompetensi yang lebih tokcer.

Di dunia kerja saat ini, orang yang punya kompetensi dan dibuktikan dengan sertifikat dan legalitas profesi memang akan lebih disukai. Ketimbang yang hanya punya spesifikasi pendidikan sesuai posisi kerja.

Sertifikasi profesi sangat penting untuk didapatkan, khususnya untuk para supervisor rekrutmen dan seleksi yang akan sangat menentukan kandidat calon karyawan perusahaan.

Manfaat Sertifikasi BNSP Untuk Supervisor Rekrutmen dan Seleksi

Jangan malas untuk berkembang, walaupun posisi Anda saat ini sudah supervisor akan lebih baik jika ikut sertifikasi. Banyak manfaat yang bisa didapatkan, bukan hanya untuk saat ini tapi untuk pengembangan karir jangka panjang.

  • Paham Lebih Detail Tugas dan Tanggung Jawab

Walaupun selama ini Anda sudah bisa melaksanakan tugas dengan baik, berbekal ilmu otodidak dan konsep learning by doing di lokasi kerja. Dengan memiliki sertifikasi, Anda sudah memiliki tambahan ilmu yang akan sangat bermanfaat saat diterapkan karena ada proses pelatihan yang akan diikuti.

Dimana materinya adalah, semua tentang tugas pokok dan tanggung jawab sebagai supervisor posisi tersebut.

  • Mahir Membuat SOP Tentang Pengelolaan Kinerja

Selain paham tugas, Anda juga akan lebih mahir dalam membuat Standard Operation Procedure (SOP) untuk semua posisi kerja di perusahaan Anda. Ada ilmu yang akan didapat, saat training sertifikasi profesi tersebut.

Apalagi, jika materi training diberikan oleh orang-orang profesional. Yang pastinya tidak pelit ilmu dan memberikan ruang bagi Anda, untuk berkembang jadi sosok yang paham semua hal tentang SOP tersebut.

Jadi, tidak lagi mencontek SOP yang sudah dimiliki perusahaan namun bisa meramunya dengan lebih baik dan detail.

  • Pengalaman Rekrutmen dan Seleksi Lebih Baik

Dalam melakukan rekrutmen dan juga seleksi karyawan baru, Anda akan lebih punya wawasan untuk menentukan mana yang layak dan tidak.

Hal itu, tak lepas dari proses sertifikasi yang juga akan memberikan banyak informasi soal cara terbaik melakukan rekrutmen dan seleksi.

  • Mampu Menyusun Anggaran Untuk Kegiatan Pengembangan

Selain soal administrasi yang lebih unggul, Anda juga akan punya kemampuan lebih untuk menyusun anggaran yang tepat. Terutama untuk membuat program-program pengembangan potensi karyawan sesuai kebutuhan perusahaan.

Tips Agar Cepat Dapat Sertifikat BNSP

Mau cepat dapat sertifikat sebagai supervisor rekrutmen dan seleksi dari BNSP? Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini, tapi akan lebih cepat jika mengajukan sertifikasi dengan rekomendasi perusahaan.

  • Lokasi

Pilih lokasi lembaga penyelenggara sertifikasi mudah dijangkau. Paling tidak, jika di daerah Anda tidak terdapat lembaga tersebut maka carilah daerah terdekat untuk didatangi.

Selain menghemat anggaran, juga waktu karena transportasi lebih mudah didapatkan dalam waktu singkat. Misalnya, Anda di Kota Padang dan lembaganya terdapat di Medan maka Anda bisa menggunakan transportasi udara atau darat supaya cepat sampai.

  • Jadwal

Setelah mendapatkan lembaga resmi yang menyediakan pelatihan dan sertifikasi untuk posisi supervisor ini, Anda lanjutkan dengan memastikan jadwal sertifikasi.

Mulai dari pelatihan yang akan diikuti, proses penilaian kelayakan mendapatkan sertifikat, hingga kapan sertifikat bisa didapatkan.

Ini akan sangat penting untuk memastikan berapa hari Anda akan off dari tempat kerja, sehingga bisa menuntaskan semua pekerjaan sebelum berangkat.

  • Pemahaman

Pastikan Anda memiliki pemahaman yang maksimal, tentang prosedur untuk mendapatkan sertifikat. Biasanya akan ada empat tahapan yang harus diikuti, mulai dari pelatihan utama sesuai profesi.

Kemudian tahapan penilaian yang dilakukan oleh tim dari lembaga resmi sertifikasi, yang tentunya bekerjasama dengan BNSP. Hingga tahapan untuk menerima sertifikat dan penilaian berdasarkan hasil pelatihan.

  • Aktif

Selama proses pelatihan hingga evaluasi, Anda harus memastikan diri untuk aktif bertanya dan memperlihatkan potensi terbaik sebagai sosok supervisor rekrutmen dan seleksi. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan sertifikat jadi lebih besar.

Syarat Utama Ikut Sertifikasi BNSP

Untuk mengikuti proses menjadi supervisor rekrutmen dan seleksi sertifikasi BNSP, persyaratan yang harus dipenuhi sebenarnya tidak terlalu sulit. Apalagi, jika Anda memang sebelumnya sudah menduduki posisi supervisor tersebut sebelumnya.

Berikut ini penjelasan, tentang syarat utama yang harus dipenuhi sebelum bisa mendapatkan sertifikat profesi BNSP.

  • Sudah Ikut Pelatihan

Anda harus sudah mengikuti pelatihan terkait profesi rekrutmen dan seleksi. Juga pelatihan lain yang berhubungan dengan HRD, dengan menunjukkan bukti dokumen sertifikat asli dari lembaga resmi yang melakukan sertifikasi.

Guna dari persyaratan ini adalah, untuk memastikan setiap penerima sertifikat memang sudah kompeten di bidangnya karena sudah mengikuti pelatihan yang tepat.

  • Pendidikan Minimal

Untuk persyaratan minimalnya adalah, S1 dari jurusan yang masuk dalam klasifikasi supervisor berdasarkan standar kompetensi dari tenaga kerja di Indonesia. Lalu untuk membuktikan Anda memenuhi syarat ini, maka wajib menyertakan bukti ijazah kelulusan.

  • Pengalaman Kerja

Anda juga harus sudah memiliki pengalaman kerja di bidang HRD, terutama jadi supervisor minimal selama tiga tahun. Bisa dibuktikan, dengan surat pengalaman kerja yang diberikan oleh perusahaan.

  • Dokumen Pendukung

Jangan lupa untuk menyertakan dokumen pendukung yang juga dibutuhkan, diantaranya CV, fotokopi identitas, dokumen pendukung spesifikasi pendidikan dan kerja, serta dokumen sertifikat yang menunjang syarat lainnya.

Siapa Saja yang Bisa Jadi Supervisor Rekrutmen dan Seleksi Sertifikasi BNSP?

Siapa saja, sebenarnya bisa mendapatkan predikat sebagai supervisor rekrutmen dan seleksi sertifikasi BNSP. Tapi, pada umumnya yang banyak mengikuti pelatihan untuk mendapatkannya adalah:

  • Staff HRD

Anda yang masih berstatus staff HRD namun memiliki persyaratan yang dibutuhkan, bisa mengikuti sertifikasi ini. Dibuktikan dengan dokumen-dokumen yang akan mempertegas, bahwa Anda layak mendapat sertifikat profesi tersebut.

Jika sudah dapat sertifikat, maka kesempatan untuk naik jabatan menjadi supervisor akan sangat besar.

  • Staff yang Ditunjuk Perusahaan

Bisa juga staff atau supervisor yang memang ditunjuk khusus oleh perusahaan, untuk mengikutinya. Dimana semua dokumen pendukung disediakan perusahaan, terutama yang berhubungan dengan posisi kerja dan lainnya.

Perusahaan tentunya punya pertimbangan untuk memberikan kesempatan pada staff tersebut. Salah satunya untuk menempatkannya nanti di posisi lebih strategis, dengan ilmu dan kompetensi yang sudah dimiliki setelah mendapatkan sertifikat profesi.

  • Supervisor HRD

Inilah orang yang paling tepat untuk mengikuti proses sertifikasi, supaya bisa dapat sertifikat sebagai supervisor handal. Dari segi pengalaman, kemampuan kerja, dan dokumen tentunya akan lebih berpotensi untuk dapat sertifikat.

Penting bagi supervisor, untuk menggali wawasan dan ilmu yang lebih banyak soal posisinya. Agar, bisa diterapkan sesuai kondisi perusahaan di bidang tenaga kerja.

  • Kualifikasi Pendidikan dan Pengalaman

Jika saat ini Anda sedang mencari kerja, namun memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan syarat. Kemudian memiliki pengalaman kerja yang juga sesuai, tidak ada salahnya upgrade kemampuan dan kompetensi dengan sertifikasi ini.

Apakah Anda masih mau berpikir ulang, untuk mendapatkan predikat supervisor rekrutmen dan seleksi sertifikasi BNSP? Sepertinya informasi diatas, bisa jadi tolok ukur bagi Anda untuk segera ikut sertifikasi resmi dari BNSP.

Anda tertarik untuk mengikuti pelatihan supervisor rekrutmen dan seleksi sertifikasi BNSP silahkan menghubungi kami dikontak : 

Telp / WA : 0813-6800-0042

A.N : Hervandes

 

 

Konsultan Psikologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *