Pelatihan Staff Rekrutmen dan Seleksi Sertifikasi BNSP

Pelatihan Staff Rekrutmen dan Seleksi Sertifikasi BNSP

Pelatihan Staff Rekrutmen dan Seleksi Sertifikasi BNSP

Sebagai anggota tim manajer HRD, keberadaan staff rekrutmen dan seleksi sangat penting. Makanya, tidak sedikit perusahaan yang saat ini mencari staff rekrutmen dan seleksi sertifikasi BNSPMereka memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan staff rekrutmen biasa.

Jika ditelaah lebih dalam, tugas dari posisi staff yang satu ini bukan hanya tentang karyawan saja. Tapi, juga perlu mahir dalam administrasi dan proses seleksi karyawan baru yang tentunya butuh profesional kerja yang tinggi.

Kenapa Staff Rekrutmen dan Seleksi Itu Penting?

Pentingnya eksistensi posisi ini dalam divisi HRD, sangat berkaitan dengan proses rekrutmen karyawan. Apalagi, ketika staff yang berada di posisi ini memiliki pemahaman maksimal tentang proses dan semua hal tentang rekrutmen.

Sudah pasti, karyawan yang diterima akan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Pemahaman itu, tidak bisa didapat secara instan dan otodidak. Ada proses dan pelatihan yang harus dijalani, salah satunya saat akan mendapatkan sertifikat profesi dari BNSP. Makanya, kualitas staff rekrutmen dan seleksi bersertifikat lebih disukai.

Tugas Pokok dan Otoritas Rekrutmen dan Seleksi

Jangan anggap enteng profesi ini karena tugas pokok dan tanggung jawabnya saja sangat kompleks, jadi tidak semua orang bisa berada di posisi tersebut.

Tugas Pokok

Ada beberapa tugas pokok yang harus dilakukan oleh profesi ini, jika Anda berminat jadi salah satu staff rekrutmen dan seleksi wajib tahu daftar berikut.

  1. Terlibat dan aktif dalam pelaksanaan proses rekrutmen karyawan, yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Mulai dari memastikan kualifikasi, mencari kandidat lewat proses rekrutmen, lalu melakukan seleksi dokumen semua kandidat.
  2. Berkomunikasi dengan calon kandidat karyawan, untuk memastikan jadwal seleksi yang ditetapkan perusahaan
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja karyawan, di bawah arahan manager HRD. Termasuk membuat konsep dan menyelenggarakan pelatihan, yang dibutuhkan karyawan perusahaan.
  4. Koordinasi dengan trainer secara berkala, tentang jadwal pelatihan yang akan dilakukan. Sehingga, setiap pelatihan bisa dilaksanakan sesuai jadwal dan memberikan feedback sesuai dengan target perusahaan.
  5. Pengelolaan kontrak kerja antara karyawan dan pihak perusahaan, agar tidak menyalahi aturan. Contohnya, memastikan tidak ada kontrak kerja yang lewat dari jatuh tempo. Supaya pihak perusahaan bisa menyikapinya dengan memperpanjang kontrak atau tidak.
  6. Ikut dalam proses evaluasi kinerja karyawan secara berkala, bersama dengan tim HRD dan bekerjasama dengan jajaran pimpinan perusahaan.

Evaluasi ini akan dilakukan rutin, sehingga staff ini akan jadi sumber informasi perusahaan karena berkutat dengan data karyawan secara lebih detail.

Otoritas

Walaupun masih pada level staff, ternyata profesi ini memiliki otoritas juga. Walaupun tidak seluas dan sebanyak level supervisor apalagi manajer.

  1. Menentukan kapan training akan dilakukan, durasinya dalam satu tahun, termasuk tema dari masing-masing training Tentunya dengan berkoordinasi terlebih dahulu dengan tim dan atasan, sehingga didapat jadwal yang tepat.
  2. Penanggung jawab pembuatan iklan tentang lowongan pekerjaan, yang dibutuhkan perusahaan. Baik itu melalui media offline maupun online.

Mau Jadi Staff Rekrutmen dan Seleksi Sertifikasi BNSP? Ini Tahapannya

Untuk menjadi seorang staff rekrutmen dan seleksi yang profesional, tahu tugas pokok dan otoritas yang tepat. Perlu memiliki sertifikasi resmi bisa dipertanggungjawabkan, dimana untuk mendapatkannya butuh beberapa tahapan.

  • Penuhi Persyaratan Umum

Beberapa syarat utama yang harus dilengkapi adalah, memastikan Anda sudah tamat SMA atau SMK. Bisa juga kategori mahasiswa yang masih belajar atau akan segera lulus, dari tingkatan D3 atau S1.

Kemudian, melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti CV terbaru yang memberikan informasi lengkat kondisi pendidikan dan pekerjaan saat ini. Kemudian dokumen pelatihan yang pernah diikuti, tentunya yang berhubungan dengan HRD dan SDM.

Menyertakan juga pasfoto dengan ukuran standar yaitu 3×4, biasanya akan diminta sebanyak 4 lembar.

  • Mengikuti Pelatihan

Jika Anda sudah melengkapi syarat diatas, maka saatnya untuk mengikuti pelatihan, yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi bekerjasama dengan BNSP. Pelatihan ini, durasinya sangat beragam ada yang satu hari hingga satu minggu.

  • Menyertakan Dokumen Pendukung

Jika Anda sudah menuntaskan pelatihan, sertifikat pelatihan tersebut wajib diserahkan sebagai dokumen pendukung agar bisa memperoleh sertifikat profesi staff staff rekrutmen dan seleksi sertifikasi BNSP.

Dokumen Anda akan diverifikasi oleh tim BNSP, untuk memastikan apakah layak untuk menerika sertifikasi profesi tersebut. Tidak sembarangan orang, bisa mendapatkannya karena ada penilaian tersendiri sesuai jenis sertifikasi profesi yang diikuti.

  • Mendapatkan Sertifikat BNSP

Butuh waktu sampai sertifikat dari BNSP tersebut keluar, tapi waktu menunggu tidak akan sia-sia. Nantinya sertifikat akan jadi bukti profesionalitas kerja yang Anda punya, sehingga kemungkinan naik jabatan dan karir cemerlang lebih terbuka lebar.

4 Implementasi Materi Pelatihan Sertifikasi, Pembeda Staff Biasa dan Bersertifikat

Sejauh mana Anda bisa menerapkan materi-materi, dalam pelatihan sertifikasi profesi untuk profesi staff rekrutmen dan seleksi menjadi salah satu acuan bagi pihak perusahaan. Terutama untuk memposisikan Anda lebih tinggi di waktu yang tepat.

Seperti apa implementasi terbaik yang bisa menjadi bukti profesionalisme kerja tersebut?

  • Kreatif dan Inovatif

Seorang staff rekrutmen dan seleksi yang bersertifikat, akan lebih kreatif dalam mencari pola-pola rekrutmen yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan.

Hal ini akan terjadi, karena dia memiliki landasan informasi terkait proses rekrutmen dari pelatihan yang sudah diikuti.

Inovatif artinya adalah bisa berpikir out of the box soal cara menghadapi karyawan, menilai kinerjanya, dan lainnya. Sehingga hasil yang didapat lebih detail dan memuaskan.

  • Efektif dan Efisien

Bisa melakukan pekerjaan dengan cara yang lebih efekti dan juga efisien, dampaknya tentu sangat banyak. Contohnya, ketika staff bisa membuat sebuah proses absensi yang lebih cepat dan akurat maka efisiensi waktu akan terjadi.

Begitu juga ketika mereka mampu membuat sebuah sistem administrasi karyawan, menggunakan aplikasi atau software pendukung dengan tepat. Tentu akan ada efektivitas kerja dan hasil yang lebih sempurna.

  • Percaya Diri

Ketika seseorang memiliki pemahaman akan satu hal dengan baik, maka dia akan lebih percaya diri untuk melakukan hal tersebut tanpa rasa ragu.

Begitu juga, ketika seorang staff rekrutmen dan seleksi sertifikasi BNSP bekerja. Mereka sudah punya landasan ilmu yang siap diaplikasikan pada dunia kerja, baik itu soal rekrutmen, seleksi, hingga pembuatan laporan.

  • Tahu Materi dan Teknik

Paham materi dan implementasi teknik-teknik kerja di bidang rekrutmen seleksi karyawan, menjadi nilai tambah dari staff yang sudah mengantongi sertifikat.

Pemahaman itu, tak lepas karena dalam mengikuti pelatihan sertifikasi,semua tugas pokok dijabarkan dengan detail.

Teknik-teknik problem solving juga jadi bagian materi yang akan sangat membantu, ketika Anda sudah kembali bekerja di kantor usai proses sertifikasi. Jadi, tidak ada lagi sosok yang bekerja sambil belajar.

Tapi lebih kepada menunjukkan seberapa profesional dia, sehingga pantas untuk dipertahankan.

Apakah Anda sudah menjadi staff rekrutmen dan seleksi sertifikasi BNSP? Jika belum, segeralah ikuti proses sertifikasinya karena banyak efek positif yang akan didapat. Mulai dari. bertambahnya wawasan soal tugas dan tanggung jawab hingga memaksimalkan peluang karir yang lebih cemerlang untuk masa depan.

Anda tertarik untuk mengikuti pelatihan  staff rekrutmen dan seleksi sertifikasi BNSP silahkan menghubungi kami dikontak : 

Telp / WA : 0813-6800-0042

A.N : Hervandes

 

 

Konsultan Psikologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *