motivasi kerja

MOTIVASI KERJA KARYAWAN

MOTIVASI KERJA KARYAWAN

Motivasi kerja karyawan adalah sesuatu yang menciptakan semangat kerja karyawan atau pekerja, termasuk diantaranya adalah kata-kata pembangkit semangat.

Untuk menghasilkan produk yang bermutu dengan hasil yang banyak, sebuah perusahaan memerlukan karyawan atau pekerja yang termotivasi supaya lebih rajin lagi, memiliki hasrat keinginan dan semangat juang yang kokoh.

Motivasi adalah sesuatu kekuatan yang mampu menggerakan batin untuk bertindak. Sedangkan kerja atau bekerja adalah melakukan gerakan untuk menghasilkan sesuatu.

2 Faktor Motivasi Kerja
Motivasi kerja bisa terjadi karena 2 faktor, diantaranya adalah

  • faktor internal, adalah faktor dari dalam diri pekerja itu sendiri. Motivasi kerja terjadi karena semangat dan niat kerja yang ikhlas.
  • faktor eksternal, faktor diluar pekerja. Suasana lingkungan kerja yang menyenangkan, seorang manager bertanggung jawab menciptakan dan mengelola suasana kerja yang menyenangkan. Termasuk diantaranya adalah mengatur sistem kerja dan menciptakan motivasi kerja karyawan.

Selain faktor dari dalam diri karyawan, faktor luar juga sangat bisa mempengaruhi semangat dan motivasi kerja.

Diantara Contoh Motivasi Kerja Adalah Hasrat Keinginan Memiliki Uang
Alasan yang paling kuat mengapa orang harus bekerja adalah karena memiliki hasrat untuk mencukupi Kebutuhan fisiologis (kebutuhan pangan, sandang dan papan) ini adalah yang paling dasar. Sekarang kebutuhan fisiologis bisa dipenuhi, caranya adalah dengan menghasilkan uang. Uang yang diperoleh bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Seorang ayah atau kepala keluarga seharusnya memiliki hasrat menghasilkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya, selain untuk keperluan dan hasrat keinginannya yang lain.

Motivasi Kerja Karyawan Supaya Lebih Bersemangat
Agar tidak merasa malas, seorang karyawan atau pekerja harus termotivasi oleh hasrat yang positif dan memiliki semangat kerja yang baik. Seorang manager perusahaan harus menciptakan motivasi kerja untuk karyawan.

Kata-kata Semangat
Diantara kata semangat yang bisa merubah rasa malas menjadi tindakan, adalah seperti :

  • Kalau orang lain bisa maka saya juga bisa.
  • Saya harus mengerjakannya karena saya tidak mau membuang waktu.
  • Saya bukan pemalas, saya sangat menghargai waktu hidup yang dianugerahkan oleh Allah yang maha kuasa.

Hubungan Motivasi Kerja Dengan Suasana Hati Yang Nyaman Dan Ikhlas
Semangat kerja diperoleh dari terciptanya suasana hati yang nyaman dan ikhlas. Semangat kerja sulit anda miliki ketika anda sedang galau dan kesal. Suasana hati yang senang dan ikhlas didapat dari pengetahuan anda tentang menyikapi hidup, contoh sikap hidup yang baik adalah selalu berpikir positif, melakukan semua kewajiban dengan benar dan berdo’a.

Motivasi Kerja Yang Efektif
Seseorang bisa bekerja secara optimal dan efektif ketika sedang memiliki semangat kerja yang tinggi. Mesin motivasi yang anda ciptakan sendiri untuk penambah semangat kerja adalah yang paling efektif, yang bisa melekat pada diri anda.

Diantara motivasi kerja yang efektif adalah memiliki hasrat keinginan yang menggebu-gebu untuk mendapatkan sesuatu, atau hasrat keinginan untuk membahagiakan orang lain dan tujuan hidup lainnya. Hasrat ini seharusnya selalu ditanamkan didalam benak anda setiap hari.

Impian Pekerja Keras
Pekerja yang potensial adalah seseorang yang bekerja dengan semangat kerja yang kokoh dan tahan banting. Seseorang cenderung menjadi pekerja keras ketika dia mempunyai impian dan termotivasi oleh impiannya itu.

Bagaimana Agar Selalu Termotivasi
Anda harus menyadari bahwa motivasi Anda bisa berubah selama hidup Anda, terkadang surut atau tidak ada motivasi sama sekali. Hal ini disebabkan karena tingkat kepuasan mencukupi kebutuhan adalah sebuah proses yang dinamis dan berkembang.

motivasi anda untuk bekerja kemungkinan akan berubah karena anda mendapatkan pengalaman hidup. Motivasi kerja akan sangat berkembang ketika anda tumbuh menjadi pribadi yang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *