gambar hipnotherapy

MANFAAT HIPNOTHERAPY

MANFAAT HIPNOTHERAPY

Hipnotherapy banyak sekali manfaatnya, karena ia bekerja di wilayah pikiran bawah sadar, yang menguasai 88% kontrol atas fungsi otak dan tubuh secara keseluruhan.

Hypnotherapy (“Modern/ Western Hypnotherapy”), yang dalam prakteknya saya kombinasi dengan ilmu-ilmu lain, seperti Neuro Linguistics Programming (NLP), Inner Power, Mind Power, termasuk yang disebut sebagai “Eastern Hypnosis”(sebagai pelengkap referensi aja, yang pada prinsipnya memiliki fungsi yang bersamaan), memiliki manfaat antara lain:

Bidang Pendidikan & Pengembangan Diri

Di bidang pendidikan dan pengembangan diri, hypnotherapy berperan pada penyiapan / penguatan prasyarat belajar, yakni kondisi emosi dan mental seorang pembelajar. Sebelum seseorang men-setting pembelajarannya, ia harus terlebih dahulu menyiapkan prasyaratnya. Kondisi mental atau emosi yang kurang stabil, masalah persepsi terhadap belajar/ pendidikan, mental blocking, “programming” yang keliru, trauma masa lalu, pengalaman kurang mengenakkan, perasaan tercemoohkan, merasa direndahkan, dsb, itu mengganggu pembelajaran yang bisa muncul kadang berupa kemalasan tanpa diketahui penyebabnya, kurang motivasi dan kurang percaya diri. Hypnoterapi berperan di sini, yakni melepas emosi-emosi negatif tersebut. Jika prasyarat utama ini telah beres barulah beranjak ke proses belajar, baik belajar secara “standard” maupun yang “tidak standard”(super learning). Untuk yang ini bisa dibaca pada bagian “Miracle Learning”.

Pada konteks prasyarat tadi, hipnoterapi mampu menumbuhkembangkan dan memperkuat motivasi diri, percaya diri, mengatasi hambatan psikis/ mental (mental block), mengatasi emosi negatif, menghilangkan fobia, trauma, luka batin akibat masa lalu, stress, memperkuat ingatan, konsentrasi, fokus, meningkatkan gairah belajar, membuang perasaan tidak enak ketika akan belajar (bagi sebagian pelajar terdapat kasus ini), menghilangkan grogi ketika menghadapi ujian, ujian nasional, pertandingan, dsb. Asalkan dilakukan dengan cara dan prosedur hipnoterapi yang tepat.

Prosedur dimaksud adalah teknik hipnoterapi yang sesuai untuk menangani suatu kasus dan menghindari teknik yang mubazir atau justru bahkan tidak boleh dilakukan. Terapis yang kurang hati-hati seringnya malah juga melakukan teknik yang sebenarnya tidak perlu dilakukan, misalnya dengan mewawancarai subjek (klien) dengan pertanyaan yang tidak relevan dengan masalahnya, hanya untuk memunculkan kesan “hebat” (baca: street hypnosis dan stage hypnosis). Padahal tidak semua kasus perlu “wawancara” lho… dan “wawancara” ini disamping menggunakan teknik khusus (ada ratusan teknik dalam hipnoterapi) juga harus memperhatikan beberapa hal diantaranya pemilihan kata/ kalimat yang powerful dan tidak bias, keamanan dan kenyamanan subjek, keterkaitan dengan orang lain, dsb.

Penerapan teknik yang tidak tepat, disamping mubazir, juga menimbulkan efek samping berupa pemunculan false memory (memori palsu) yang memengaruhi struktur pikiran subjek secara negatif (ingat: melakukan hipnoterapi berarti sedang “bermain-main” dengan pikiran bawah sadar yang amat powerful: 88% pegang kendali pikiran sadar dan tubuh!). Parahnya, seringkali pula dilakukan dengan disaksikan orang lain, yang kadangkala terdapat juga orang-orang yang justru punya keterkaitan dengan masalah subjek! Alamaaak... Yang terjadi malah bukan hasil terapi yang memberdayakan, malah munculnya permusuhan baru karena subjek berbicara dengan bawah sadarnya (note: bawah sadar itu jujur!) dan menyebut-nyebut nama orang yang berada di dekatnya sebagai orang yang menjadi bagian dari masalahnya atau orang yang dipersepsi oleh emosinya (misalnya suka atau benci, dsb)! Waduh… cilakak kalo begini! Bisa gaprukansetelah terapi.. hehe…. Makanya, untuk beberapa kasus tertentu, hipnoterapi sangat tidak disarankan dilakukan terhadap subjek dengan diketahui / bersama orang lain, atau dengan kata lain haruslah dilakukan secara privat, hanya subjek dan terapis saja. Ini untuk menghindari bias masalah. Ingat: hipnoterapi itu untuk membantu subjek menyelesaikan masalah, bukan membuka masalah baru! Tetapi prinsip ini kadang-kadang (bahkan sering) juga dilanggar, sebagiannya karena terdorong oleh keinginan menunjukkan “kebolehannya” di hadapan orang lain. Waduh…. Jika mau begitu, lebih aman untuk jenis kasus umum yang tidak berkaitan dengan orang lain atau yang jika diketahui oleh orang lain, si subjek merasa aman, misalnya direct suggestion (teknik paling sederhana dalam prosedur hipnoterapi) untuk sugesti percaya diri dan motivasi, itupun jika persoalannya berkaitan dengan orang lain, harus dilakukan secara privat untuk menelusuri akar masalahnya (ada teknik khusus), dengan demikian penanganannya lebih tepat sasaran, aman dan hasilnya permanen. Sebaiknya berhati-hati dan membedakan secara tegas antara hypnotherapi dengan street hypnosis (hipnosis jalanan) maupun stage hypnosis(hipnosis panggung). Dua yang disebut terakhir ini tidak ada efek terapeutiknya, hanya untuk pembuktian adanya fenomena hipnosis dan untuk hiburan saja. Street hypnosisbiasanya digunakan untuk berlatih bagi mereka yang baru belajar hipnosis atau untuk membuktikan adanya fenomena hipnosis saja, itupun memperhatikan kaidah dan etika per-hipnosis-an karena tetap pula ‘bermain-main” dengan bawah sadar orang. Demikian pula dengan stage hypnosis (hipnosis panggung).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *