gambar hipnoterapi

HIPNOTERAPI

HIPNOTERAPI

Apa itu hipnoterapi?

Hipnoterapi terdiri atas dua kata, hipnosis dan terapi. Hipnoterapi adalah terapi, dengan menggunakan teknik atau metode apa saja, yang dilakukan dengan bantuan atau di dalam kondisi hipnosis.

Definisi hipnosis menurut U.S. Dept. of Education, Human Services Division: “hypnosis is the by-pass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment acceptable selective thinking” atau “hipnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran selektif (sugesti).”

Sedangkan definisi hipnosis  adalah ilmu psikoneurofisiologis yang secara scientifik berdasarkan pada perubahan frekuensi dan amplitudo gelombang otak dari kondisi beta ke kondisi delta yang mengakibatkan meningkatnya fokus, konsentrasi, dan penerimaan terhadap pesan-pesan mental yang diberikan kepada pikiran bawah sadar.

Mengacu pada definisi di atas maka kondisi hipnosis sesungguhnya adalah kondisi kesadaran khusus (altered state of consciousness) di mana pikiran berada dalam kondisi yang sangat reseptif sehingga dapat dilakukan perubahan atau modifikasi berbagai program pikiran dengan cepat, mudah, dan bersifat permanen.

Bagaimana cara kerja hipnoterapi?

Hipnoterapis, dengan persetujuan klien, akan membimbing klien turun dari gelombang otak dominan beta (pikiran sadar), 12 – 25 Hz, ke gelombang pikiran bawah sadar yang sangat rileks yaitu alfa (8 – 12 Hz), theta (4 – 8 Hz), dan delta (0,5 – 4 Hz). Saat berada di frekuensi ini pikiran klien menjadi sangat reseptif dalam menerima berbagai sugesti atau pesan mental untuk perubahan.

Kondisi pikiran yang sangat reseptif memungkinkan klien mengakses memori (theta), dan emosi (delta) yang selama ini menjadi sumber masalah klien, tanpa gangguan dan intervensi dari pikiran sadar (beta). Dengan demikian klien, dengan bimbingan terapis, dapat melakukan resolusi trauma, rekonstruksi memori, dan melepaskan emosi yang selama ini mengganggu hidup klien, dan sembuh permanen.

Teknik pengembangan diri

Belakangan hipnotis dimanfaatkan sebagai salah satu teknik pengembangan diri. Pada umumnya, program pengembangan diri, terkadang gagal karena individu tidak berhasil meyakinkan diri sendiri untuk berubah karena mengalami “self sabotage”maupun “mental block”. Proses tersebut adalah proses dimana alam sadar menginterupsi proses mental yang tengah dilakukan seseorang pada saat ia ingin melakukan perubahan diri.

Apa itu Trance Selling?

Berbeda dengan pendapat umum, selling atau kegiatan menjual itu tidak hanya terbatas pada menjual sebuah produk atau jasa saja, melainkan selling itu termasuk juga proses bagaimana caranya kita berkomunikasi dan meyakinkan diri kita sendiri, serta mengutarakan ide, pendapat dan harapan kita sehingga orang lain mau menerima ide serta mau dengan senang hati melakukan apa yang kita harapkan dari mereka secara terus menerus (repeat order).

Ketika kita berusaha menenangkan diri kita sendiri dalam sebuah kejadian yang menakutkan, atau berusaha memotivasi diri kita sendiri untuk melakukan sebuah tugas yang harus kita kerjakan, sebenarnya kita sudah menjual, yaitu menjual kepada otak kita supaya mau merespons kejadian itu dengan emosi dan perilaku yang tenang, atau supaya kita menjadi lebih termotivasi untuk melaksanakan kewajiban kita.

Pelatihan ini menggabungkan teknik Neuro Liguistic Programming (NLP), Indirect Hypnosis, Meta Program, Conversational Hypnosis, MBTI Analysis, Value Allignment, dan lain-lain, yang ditujukan untuk mempengaruhi bawah sadar orang lain agar mau membeli produk maupun jasa yang Anda tawarkan dengan senang hati, tanpa merasa tertekan atau dirugikan secara jangka panjang. Dalam workshop ini mengajarkan Anda bagaimana cara menggunakan teknik komunikasi persuasif yang bisa mempengaruhi bawah sadar seseorang, sehingga orang tersebut membuat keputusan sesuai dengan apa yang Anda dan klien anda harapkan. Mulai dari teknik-teknik penjualan; presentasi awal, penindaklanjutan (follow up), mengatasi keberatan (handling objection), penutup penjualan (close the deal) dan kegiatan-kegiatan lainnya akan sangat efektif  dgn hipnoterapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *