DESAIN ORGANISASI PERUSAHAAN

desain organisasi perusahaan

DESAIN ORGANISASI PERUSAHAAN

Dalam setiap organisasi perusahaan memiliki strategi untuk dapat mengembangkan perusahaan sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi perusahaan tersebut, salah satu dari strategi dari perusahaan dalam mecapai keunggulan kompetitif ialah kebijakan restrukturisasi. Perubahan struktur organisasi mutlak di butuhkan untuk menghadapi persaingan di era global, beberapa faktor terjadinya restrukturisasi ialah meningkatkan penjualan dan operasional, perbaikan manajemen, adanya informasi yang tidak seimbang yang di miliki oleh manajemen dan pasar secara umum dan yang terpenting mengenai keuntungan perusahaan atau profit.

Perubahan lingkungan menuntut tiap perusahaan sensitif dalam menyikapi perubahan. Perubahan yang sering terjadi antara lain, teknologi , politik dan perubahan perekonomian, perubahan lingkungan dapat memberikan keuntungan jika dapat di manfaatkan secara optimal oleh perusahaan.

Desain organisasi, Ivancevich (2008) mendefinisikannya sebagai proses penentuan keputusan untuk memilih alternatif kerangka kerja jabatan, proyek pekerjaan, dan departemen. Dengan demikian, keputusan atau tindakan-tindakan yang dipilih ini akan menghasilkan sebuah struktur organisasi.

 

Dalam era modern sekarang ini restrukturisasi perusahaan dapat di golongkan menjadi beberapa jenis :

1. Restrukturisasi Portofolio / Asset
Restrukturisasi Portofolio merupakan kegiatan penyusunan portofolio perusahaan supaya kinerja perusahaan menjadi semakin baik
2. Restrukturisasi Modal / Keuangan
Restruturisasi keuangan atau modal adalah penyusunan ulang komposisi modal perusahaan supaya kinerja keuangan lebih transparan dan lebih sehat
3. Restrukturisasi Manajemen / Organisasi
Restrukturisasi manajemen dan organisasi merupakan penyusunan atau kocok ulang kompoisis manajemen, struktur organisasi, pembagian kerja, sistem operasional, integrasi sistem antar departemen dan hal lain yang berkaitan dengan managerial dan organisasi.

Dalam Design Organisasi Perusahaan haruslah di susun dengan konsep yang matang, baik dari sisi manajemen TOP hingga ke level bawah, maupun dari sisi personal maupun teknologi harus di sesuaikan dengan perkembangan zaman di perlukan SDM yang handal dan berpengalaman untuk membantu menyusun konsep Restrukturisasi perusahaan anda.

 

Bentuk Desain Organisasi
Bentuk dari desain organisasi ini ditentukan oleh tingkat formalisasi yang dilakukan, tingkat sentralisasi dalan organisasi, kualifikasi karyawan, span of control yang ada serta komunikasi dan koordinasi yang ada dalam organisasi (Robbins,2003:136). Bentuk desain organisasi terdiri dari:
a. Organic
Pada organisasi yang berbentuk organic, maka dalam organisasi ini terdapat tingkat formalisasi yang rendah, terdapat tingkat sentralisasi yang rendah, serta diperlukan training dan pengalaman untuk melakukan tugas pekerjaan. Selain itu terdapat span of control yang sempit serta adanya komunikasi horisontal dalam organisasi.
b. Mostly Organic
Pada organisasi yang berbentuk mostly organic, formalisasi dan sentralisasi yang diterapkan berada di tingkat moderat. Selain itu diperlukan pengalaman kerja yang banyak dalam organisasi ini. Terdapat span of control yang bersifat antara moderat sampai lebar serta lebih banyak komunikasi horisontal yang bersifat verbal dalam organisasi tersebut.
c. Mechanistic
Pada organisasi yang berbentuk mechanistic, terdapat ciri-ciri yaitu: adanya tingkat formalisasi yang tinggi, tingkat sentralisasi yang tinggi, training atau pengalaman kerja yang sedikit atau tidak terlalu penting, ada span of control yang lebar serta adanya komunikasi yang bersifat vertikal dan tertulis.
d. Mostly Mechanistic
Pada jenis organisasi ini, terdapat ciri-ciri yaitu: adanya formalisasi dan sentralisasi pada tingkat moderat, adanya training-training yang bersifat formal atau wajib, span of control yang bersifat moderat serta terjadi komunikasi tertulis maupun verbal dalam organisasi tersebut.

 

 

Konsultan Psikologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *