surat lamaran kerja

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA 

Sebagai awal dalam mencari pekerjaan pada suatu instansi baik itu negeri maupun swasta yang menyediakan lowongan kerja.  Yang kita biasa lakukan adalah dengan membuat surat lamaran kerja. Banyak dari kita masih bingung dalam membuat surat lamaran kerja yang singkat, padat namun jelas. Memang tidaklah sulit untuk membuatnya  tetapi akan membutuhkan waktu untuk menyusun rangkaian kalimat sehingga membentuk sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar agar kesan pertama dari surat lamaran kerja terhadap anda menjadikan peluang untuk diterima semakin terbuka.

Kesan pertama dari sebuah surat lamaran kerja tentu akan sangat menentukan langkah berikutnya dalam hal melamar pekerjaan yang anda inginkan, bayangkan saja jika surat lamaran yang anda buat tidaklah baik, kalimatnya tidak rapi, bertele-tele dan juga kurang menarik, saya kira pihak HRD ataupun personalia perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja yang anda buat tanpa membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran anda. Inilah yang harus kita hindarkan bukan ?

Untuk itulah saya akan sedikit membagikan tips kepada anda cara membuat cv surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja untuk dapat anda duplikasi agar bisa anda pergunakan untuk melamar kerja.

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar

  1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar

Susun kalimat – kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar ( menggunakan ejaan yang disempurnakan) jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.

 

  1. Tulislah dengan kalimat yang sopan

Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.

 

  1. Usahakan menulis manual dengan rapi

Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.

 

  1. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan

Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun dipersyaratkan oleh peusahaan

  1. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya

Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD atau lebih mempertimbangkan anda

Contoh surat lamaran kerja

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,

Bpk / Ibu Personalia

PT. Jaya Abadi Selamanya

Jl. Kalibata No 88

Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Jaya Abadi Selamanya yang saya dapatkan dari harian Kompas pada tanggal 15 Juni 2014. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Finance dengan kode (FN) di perusahaan PT. Jaya Abadi Selamanya.

Berikut ini adalah data singkat saya:

Nama : Indra Maulana
Tempat / tgl. lahir : Jakarta, 25 Agustus 1992
Pendidikan Terakhir : S1 Akuntansi
Alamat : Jl Budaya No. 15 Pulomas Jakarta Timur
Telepon (HP) : 08122100324
Status : Lajang

 

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Foto copy ijazah S1

3. Foto copy transkrip nilai

4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan

5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak

/ Ibu personalia.

Hormat saya,

Indra Maulana

Contoh Surat Lamaran Kerja

Martapura, 15 Nov 2013

Kepada Yth. HRD

PT. Jaya Abadi Selamanya,

Jl. Kelinci Gg. Semut No. 99

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Agus Rianto, SH
Tempat / tgl. lahir : Padang, 10 Desember 1990
Pendidikan Terakhir : S1 Hukum
Alamat : Jl. Sayur Asem No. 14 Bekasi 
Telepon (HP) : 081212325673
Status : Lajang

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Legal Officer.

Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Legal Supervisor di salah satu perusahaan terkemuka di Jakarta. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Foto copy Ijazah

3. Foto copy sertifikat

4. Foto copy KTP

5. Foto copy transkrip nilai

6. Pas photo terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

Agus Rianto, SH.

Demikian beberapa contoh surat lamaran kerja, saya harapkan dari artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda terutama bagi saudara yang sedang berupaya untuk mencari pekerjaan, Akhirnya saya doakan agar Anda segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan dapat memberikan manfaat yang besar demi anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *