Assesment Center (AC), Kompetensi

Assesment Center (AC)

Pengertian Assesment Center (AC)
Istilah Assesment Center (AC) digunakan untuk menyebut sebuah proses, prosedur atau metode pendekatan untuk menilai dan mengukur kompetensi orang. Juga lazim dikenal sebagai program, jika sekumpulan orang, serangkaian aktivitas, perangkat perlengkapan, dan berbagai sumber daya diorganisasikan untuk melaksanakan metode pendekatan tersebut. Demikian juga dengan develompment centre dan mendapatkan sebutan melalui analogi (Syaiful F Prihadi, 2004)
Menurut Sjafri Mangkuprawiro (2004), Assesment Center (AC) bukanlah sebagai unit berbentuk suatu pusat penilaian dari institusi tertentu.
Assesment Center (AC) merupakan metode untuk menilai potensi seseorang di masa depan. Dalam pelaksanaannya penilaian tidak mengandalkan diri hanya pada seorang psikolog.
Assesment Center (AC) adalah bentuk kegiatan penilaian terhadap karyawan dengan standar tipe evaluasi beragam dan dilakukan oleh lebih dari seorang penilai. Tipe ini biasanya digunakan untuk mengevaluasi para manajer yang potensial untuk melakukan pekerjaan yang lebih bertanggung jawab.
Assesment Center (AC) merupakan suatu prosedur untuk mengukur tingkat pengetahuan, keahlian dan kemampuan seseorang dengan menggunakan beberapa instrumen. Caranya antara lain, sering para anggota dalam kelompok pertamakali bertemu di asrama, hotel, atau fasilitas pelatihan. Selama mereka tinggal, mereka secara individu dievaluasi.
Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa Assesment Center (AC) adalah proses sistematis, terstruktur, terprogram, terencana dan strategis yang bertujuan untuk menyadap kompetensi terbaik yang dimiliki oleh seseorang melalui serangkaian kegiatan pengukuran, analisis dan pengembangan (developmental), evaluasi untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi.
Assesment Center (AC) merupakan metode yang berbasis kompetensi yang didesain dengan mengikuti standar international, mengacu pada definisi konseptual yang diakui secara universal, yang diartikan sebagai proses sistematis untuk menilai keterampilan, pengetahuan dan kemampuan individu yang dianggap kritikal bagi keberhasilan kinerja yang unggul.
Assesment Center (AC) sebagai metodologi, merupakan evaluasi terstandar mengenai perilaku individu dengan menggunakan beragam simulasi dan instrumen tes perilaku. Melalui beragam materi tes, instrumen evaluasi kepribadian dan wawancara, para assesor terlatih melakukan observasi terhadap perilaku individu para peserta assesment dan kemudian memberikan penilaian akhir assesment serta umpan balik pengembangan. Hasil nilai assesment dan umpan balik diharapkan akan memberikan sumbangan berharga bagi peningkatan mutu pegawai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *