ALAT-ALAT TES PSIKOLOGI

Alat Tes Psikologi

Mengenal dan mengetahui alat-alat tes psikologi merupakan pengetahuan mendasar yang harus diketahui dan dimiliki oleh sarjana psikologi, terlebih lagi bagi seseorang yang menyandang gelar M.Psi, psikolog. Yang secara resmi sebagai Profesi psikolog. Psikolog yang telah memiliki SIPP (Surat Izin Praktik Psikolog) dan telah terbiasa dalam memberikan tes psikologi lebih direkomendasikan untuk menjamin keobjektivitasan hasil tes. Karena para psikolog telah diambil sumpahnya untuk berjanji menjalankan profesinya menurut aturan yang berlaku.

Jenis-Jenis Alat Tes Psikologi

Jenis-jenis alat tes psikologi yang sering digunakan, antara lain alat tes kepribadian, terdiri atas beberapa pilihan alat tes psikologi, diantaranya:

  • PAPI Kostic, menjabarkan kepribadian yang dinyatakan dalam 20 aspek dan setiap aspek mewakili peran atau kebutuhan tertentu. Rendah atau tingginya peran atau kebutuhan tertentu memiliki makna spesifik tertentu yang terkait dengan kepribadian individu.
  • WARTEGG (WZT), digunakan untuk mengukur aktifitas, intelektual, imajinasi dan emosi seseorang.
  • Draw A Man (DAM) atau tes Gambar Orang, dilakukan untuk mengukur ketahanan kerja, kestabilan, kepercayaan diri dan tanggung jawab.
  • Edwards Personal Preference Schedule (EPPS), terdiri atas pengukuran 16 faktor kebutuhan-kebutuhan yang mendorong seseorang untuk mengungkapkan kepribadiannya.

Alat Tes Intelektual

Terdiri atas beberapa pilihan alat tes psikologi, diantaranya:

  • Tes Kemampuan Dasar (TKD), digunakan untuk menilai kemampuan dasar seseorang.

Banyak contoh soal TKD yang telah beredar di internet atau di buku-buku tes psikotes yang dijual di toko-toko buku.

  • Tes Intelegensi Umum (TIU), digunakan untuk mengukur kemampuan mental umum individu. TKD dan TIU biasa dikenal sebagai alat tes psikotes untuk masuk ke perguruan tinggi atau masuk kerja seperti Tes CPNS, Tes Masuk Kerja BUMN, maupun tes masuk perusahaan lainnya.
  • IST (Intelligensi Structure Test), digunakan untuk mengetahui kecocokan antara inteligensi seseorang degan profesi atau pekerjaan tertentu. Tes ini terdiri dari 9 subtes.
  • Army Alpha, digunakan untuk mengetahui daya konsentrasi atau daya tangkap seseorang.

Ada juga tes minat dan bakat yang dilaksanakan di sekolah untuk mengetahui minat dan bakat para remaja sehingga bias diarahkan dengan baik dalam menggapai masa depannya. Tes tersebut diantaranya MBTI, Stanford-Binet, MMPI, TAT, WISC yang merupakan gabungan tes minat, inteligensi dan kepribadian.

Penyelenggaraan tes psikologi merupakan ranah dan kewenangan psikolog karena dibutuhkan orang yang memiliki dasar ilmu psikologi, berpengalaman menggunakan alat tes dan objektif dalam menafsirkan hasil tes.

Namun banyak penjelasan tentang alat-alat tes psikologi dan tips mengerjakan soal-soal psikotes yang beredar melalui artikel di internet ataupun buku menjadikan siapapun bias mempelajari alat tes psikologi tentunya untuk tujuan yang baik.

2 thoughts on “ALAT-ALAT TES PSIKOLOGI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *